Pengertian Ekonomi Kreatif (Singkat)


Konsep Ekonomi Kreatif yaitu sebuah konsep di kurun ekonomi gres yang penopang utamanya yaitu berita dan kreativititas dimana ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi utama dalam acara ekonomi. Perkembangan tersebut mampu dikatakan sebagai pengaruh dari struktur perekonomian dunia yang tengah mengalami gelombang transformasi teknologi dengan laju yang cepat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dari yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) diikuti menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM), dari kurun genetik dan ekstraktif ke kurun manufaktur dan jasa berita serta perkembangan terakhir masuk ke kurun ekonomi kreatif.

Secara lebih lugas Howkins mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai acara ekonomi dimana input dan outputnya yaitu gagasan, atau dalam satu kalimat yang singkat, esensi dari kreativitas yaitu gagasan. Sebaiknya konsep kewirausahaan maupun konsep ekonomi kreatif terdapat unsur benang merah yang sama, yakni terdapat konsep kreativitas, ide atau gagasan serta konsep inovasi. Kreativitas yaitu proses berfikir dan menggugah inspirasi dengan cara yang berbeda dari biasanya, dimana seseorang tertantang untuk mampu melahirkan suatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya faktual yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Kreativitas dalam bisnis yaitu bagaimana cara menerapkan kreativitas dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan supaya mampu memunculkan produk, prosedur dan struktur gres sekaligus meningkatkan cara kerja kita ke arah yang lebih baik. Ide yang kreatif dikaitkan dengan ide yang baru, yakni paling tidak untuk orang yang bersangkutan ide kreatif ini mampu melibatkan sebuah usaha penggabungan dua hal atau lebih ide-ide secara langsung (John Adair, 1996).


Ide yaitu dasar dari inovasi, dan ide berasal dari individu yang kreatif, maka individu yang kreatif mampu membantu orang lain menjadi kreatif pula, sehingga ide mampu diperoleh dengan lebih banyak dan lebih baik sebagai masukan bagi proses inovasi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Ekonomi Kreatif (Singkat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel