Sejarah Bahasa Pemprograman C++

 Pemrograman sudah ada semenjak adanya komputer pertama diciptakan Sejarah Bahasa Pemprograman  C++
Pemrograman sudah ada semenjak adanya komputer pertama diciptakan. Tapi pada awalnya programmer bekerja dengan bahasa komputer yang sangat sulit untuk di pahami oleh manusia, bahasa itu yaitu bahasa mesin.
Karena sangat sulit untuk bekerja dengan bahasa mesin, maka dari itu dibuatlah bahasa Assembly yang merupakan bahasa rakitan, kumpulan dari kependekan kode-kode.
Bahasa tingkat rendah Assembly pun masih sulit untuk manusia, maka insan menciptakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah untuk dipahami oleh manusia. Waktu ke waktu semakin banyak pengembang yang berusaha untuk berbagi bahasa pemrograman, banyak bahasa tingkat tinggi yang bermunculan dengan kemudahan yang mereka tawarkan, salah satunya yaitu C++.

Sejarah Bahasa Pemrograman C

Bahasa C dikembangken di Bell lab pada tahun 1972 ditulis pertama kali oleh Brian W. Kernighan dan Denies M. Ricthie merupakan bahasa turunan atau pengembangan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970, yang juga merupakan bahasa yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya, yaitu BCL.
Bahasa C pada awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan pada sistem operasi UNIX. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang tergolong di antara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Menengah. Bahasa C memiliki banyak kemampuan yang sering digunakan diantaranya kemampuan untuk menciptakan perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star dan lain-lain.

Sejarah Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ lahir pada tahun 1980, yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan kemudahan kelas, bahasa tersebut disebut “C dengan kelas” (C amongst Class).
Pada tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas overloading operator, yang mulanya disebut “a ameliorate C” kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Simbol ++ merupakan operator penaikan pada C, digunakan untuk menyampaikan bahwa bahasa gres ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.
Borland International merilis kompiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua kompiler ini sama-sama sanggup digunakan untuk mengkompilasi aba-aba C++. Bedanya, Borland C++ selain sanggup digunakan dibawah lingkungan DOS, juga sanggup digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International beberapa perusahaan lain juga merilis kompiler C++, menyerupai Topspeed C++ dan Zortech C++.
Awal mula Bjarne Stroustrup menciptakan membuat C++ yaitu saat Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk gelar Ph.D. tesis pada salah satu bahasa pemrograman dan Stroustrup memiliki kesempatan untuk bekerja dengan bahasa tersebut yang disebut Simula,
Simula merupakan bahasa untuk simulasi. The Simula 67 bahasa yang merupakan varian bekerja dengan Stroustrup. bahasa tersebut dianggap sebagai bahasa pertama untuk mendukung paradigma pemrograman berorientasi obyek. Stroustrup menyadari bahwa paradigma ini sangat memiliki kegunaan untuk pengembangan perangkat lunak, dengan kelebihan bahasa Simula tersebut tetapi bahasa Simula memiliki kekurangan yaitu, bahasa Simula terlalu lambat untuk penggunaan praktis.
Tak Lama kemudian, ia memulai untuk mengerjakan bahasa pemrograman berdasarkan ide yang telah ia dapatkan. Stroustrup mengerjakan C++ dengan nama awalnya yaitu C With Class. yang dimaksudkan untuk menjadi superset dari bahasa C, dengan menambahkan pemrograman berorientasi obyek ke dalam bahasa C.
Alasan Kenapa Stroustrup lebih memilih untuk berbagi C adalah, alasannya ialah yaitu bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang sangat pop alasannya ialah yaitu kecepatan, kinerja yang bagus, memungkinkan untuk melakukan pengkodean bahasa tingkat rendah dan lain sebagainya.
Kompiler Pertama C amongst bird disebut Cfront, yang berasal dari kompiler C disebut CPRE. CFront yaitu acara yang dirancang untuk menerjemahkan C dengan Kelas ke C. hal menarik yang patut untuk diketahui yaitu bahwa Cfront sebagian besar ditulis dalam C amongst Class, membuatnya menjadi kompiler self hosting(Kompiler yang sanggup mengkompilasi diri sendiri).
Cfront kemudian ditinggalkan pada tahun 1993 sesudah dianggap sulit untuk mengintegrasikan fitur gres ke dalamnya. Meskipun demikian, Cfront menciptakan imbas besar pada implementasi kompiler masa depan dan pada sistem operasi Unix.
Pada tahun 1985, Stroustrup menciptakan buku referensi berjudul The C ++ Programming Language diterbitkan. Pada tahun yang sama, C ++ dilaksanakan sebagai produk komersial. Bahasa ini belum secara resmi distandarkan. Bahasa ini diperbarui lagi pada tahun 1989 dan menambahkan fasilitas Protected member, Static member, serta Inheritance.
Pada tahun 1990, buku The Annotated C ++ Reference dirilis. Pada tahun yang sama Borland dan Turbo C ++ kompiler dirilis sebagai produk komersial. Turbo C ++ menambahkan banyak library tambahan yang akan memiliki imbas yang besar terhadap pengembangan C ++. Meskipun rilis stabil terakhir Turbo C ++ pada tahun 2006, tapi kompiler tersebut sampai saat ini masih banyak digunakan.
Pada tahun 1998, panitia standar C ++ menerbitkan Standar Internasional pertama untuk C ++ ISO / IEC 14882: 1998. Pada tahun 2003, panitia mendapati beberapa duduk kasus yang dilaporkan dengan C++ Standar mereka pada tahun 1998, alasannya ialah yaitu itu bahasa diperbaharui yang merupakan revisi duduk kasus sebelumnya dan dijuluki C ++ 03.
Pada tahun 2005, panitia Standarisasi C ++ merilis laporan teknis yang dijuluki TR1, merinci berbagai fitur mereka berencana untuk menambah C ++ standar terbaru. Standar gres itu secara informal dijuluki C ++ 0x menyerupai yang diharapkan akan dirilis sebelum terminal dekade pertama. Namun, ironisnya, standar gres tidak dirilis sampai pertengahan 2011
Pada pertengahan 2011, C ++ eleven selesai dan merupakan C++ standar baru. The Library Project Meningkat, menciptakan imbas yang besar terhadap standar baru, dan beberapa modul gres berasal langsung dari Boost perpustakaan. Beberapa fitur gres termasuk derma ekspresi regular merupakan sebuah perpustakaan pengacakan komprehensif, perpustakaan threading standar , fungsi gres untuk pengulangan, Foreach Loop, kata kunci AutoClass New Container, derma yang lebih baik untuk daftar inisialisasi Array, dan Variadic Template.

C++ Standardization

TahunC++ StandarNama Informal
1998ISO/IEC 14882:1998C++98
2003ISO/IEC 14882:2003C++03
2011ISO/IEC 14882:2011C++11, C++0x
2014ISO/IEC 14882:2014C++14, C++1y
2017ISO/IEC 14882:2017C++17, C++1z
2020Akan DitentukanC++20

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Bahasa Pemprograman C++"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel