Ekspresi (Lengkap)

          Mulut merupakan salah satu potongan dalam saluran pencernaan, di dalam verbal terjadi proses pencernaan kuliner secara mekanis dan kimiawi. Pencernaan secara mekanis dilakukan oleh gigi sedangkan pencernaan secara kimiawi terjadi alasannya ialah ialah enzim amilase (ptialin) yang menguraikan amilum (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida).

Bagian penyusun rongga mulut, yaitu :

  1. Bibir
    Berfungsi mendapat kuliner dan menghasilkan suara. Bibir tersusun atas otot rangka dan jaringan ikat. Bagian transisional tampak berwarna merah alasannya ialah ialah mengandung banyak pembuluh kapiler.
  2. Gigi
    Berfungsi untuk menggigit, memotong, menyobek, dan mengunyah makanan; membentuk wajah; dan berbicara. Struktur gigi terbagi menjadi three bagian, yaitu : mahkota/koran, leher gigi/kolum, dan akar gigi/radiks. Berdasarkan bentuknya gigi dibedakan menjadi 4, yaitu : Gigi seri (I) = memotong makanan, Gigi taring (C) = menyobek makanan, Gigi graham depan (P) = mengunyah makanan, Gigi graham belakang (M) = mengunyah dan menghaluskan makanan. 

              Gigi primer (gigi susu), tumbuh pada usia 6-26 bulan, dengan jumlah twenty buah. Pada usia 6-14 tahun gigi primer akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen.
    Rumus gigi primer : 

              Gigi sekunder (gigi permanen), berjumlah 32 buah tumbuh pertama kali pada usia vi tahun. berikut merupakan rumus gigi sekunder :





    bentuk gigi

  3. Lidah
    Berfungsi untuk menggerakan kuliner saat dikunyah atau ditelan, mengecap rasa dan membantu berbicara. Pada otot lidah terdapat  Kelenjar Von Ebner yang menyekresikan cairan, cairan ini akan bercampur dengan kuliner dan membantu mengecap rasa.
  4. Kelenjar saliva
    Terdapat three kelenjar saliva, yaitu :
                                  a. Kelenjar parotid (terletak agak ke bawah di depan telinga)
                                  b. Submandibula (terletak di rahang bawah)
                                  c. Sublingual (terletak di bawah lidah dekat kelenjar submandibula)

    Fungsi saliva ialah :
    * Melarutkan kuliner untuk lidah rasa
    * Menguraikan amilum menjadi maltosa
    * Zat antibakteri dan antibodi
    * Melembapkan dan melumasi kuliner agar simpel ditelan
                               
                        

          


Belum ada Komentar untuk "Ekspresi (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel