Pengertian Permen Singkat


Permen adalah produk yang dibuat dengan mendidihkan gabungan gula dan air bersama dengan materi pewarna dan pemberi rasa sampai tercapai kadar air kira-kira 3%. Biasanya suhu yang digunakan sebagai petunjuk kandungan padatan. Sesudah didihkan sampai mencapai kandungan padatan yang diinginkan (kurang lebih 150oC) sirup dituangkan pada cetakan dan dibiarkan tercetak. Permen jelly merupakan permen yang terbuat dari gabungan sari buah-buahan, materi pembentuk gel atau dengan penambahan essens untuk menghasilkan berbagai macam rasa, dengan bentuk fisik jernih transparan serta memiliki tekstur kenyal seakan-akan permen karet. Bahan pembentuk gel yang biasa digunakan antara lain gelatin, karagenan atau agar-agar. Permen jelly tergolong masakan semi basah, oleh lantaran adalah itu cepat rusak, maka dari itu perlu penanganan yang tepat untuk memperpanjang masa simpan (Malik, 2010).


Jelly merupakan masakan yang berbentuk semi padat, yang memiliki bau, rasa, warna dan tekstur yang normal dengan penambahan gula dan materi tambahan masakan seakan-akan embel-embel buatan dan pewarna. Permen jelly merupakan masakan yang disukai dan telah dikenal oleh masyarakat luas, lantaran adalah murah, gampang dan memiliki berbagai rasa yang kebanyakan menyerupai rasa buah-buahan. Gelatin merupakan salah satu jenis hidrokoloid yang mampu diaplikasikan ke dalam jelly.

Tekstur permen `jelly banyak tergantung pada materi gel yang digunakan. Jelly gelatin memiliki konsistensi yang lunak dan bersifat seakan-akan karet, jelly agar-agar lunak dengan tekstur rapuh. Pektin menghasilkan agar-agar yang ringkih dan lunak, tetapi menghasilkan gel yang baik pada pH rendah. Karagenan menghasilkan gel yang kuat. Pembuatan permen karet dan jelly meliputi pembuatan gabungan gula yang dimasak dengan kandungan padatan yang diperlukan dan penambahan materi pembentuk gel.

Permen yang banyak beredar di kalangan masyarakat berjenis permen keras (hard candy) dan lunak (soft candy). Permen keras adalah permen yang padat teksturnya. Dimakan dengan cara menghisap, pada permen keras yang perlu diuji di antaranya adalah materi baku utamanya berupa glukosa. Sementara permen lunak ditandai dengan teksturnya yang lunak. Jenis permen ini bukan untuk dihisap melainkan dikunyah (Ningsih, 2010).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Permen Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel