2 Cara Perawatan Komputer Yang Baik Dan Benar

Komputer adalah suatu Perangkat Elektronik yang mampu digunakan untuk mengolah information dan memproses hasil dalam bentuk file baik itu berupa gambar, teks, suara ataupun video.sesuai dengan prosedur teladan tertentu yang mampu menghasilkan olah gosip bermanfaat bagi penggunanya. Dari segi pemakaian Komputer di kenal dengan sebutan PC, Laptop, Desktop PC, Super computer, dan lain lain.

Secara Umum Komputer terdiri dari two kepingan utama adalah Perangkat Keras atau Hardware dan Perangkat Lunak ( Software ). two komponen ini saling berafiliasi satu sama lain dan saling mendukung kinerja dalam penggunaanya. jika salah satunya mengalami kerusakan maka akan menghipnotis kepingan lain bahkan fatal nya komputer tidak mampu di gunakan.

Ada iv fungsi komputer yang perlu di perhatikan, kali ini rekan admin akan menyebarkan cara merawat komputer yang benar. admin akan menjabarkan dilema dan solusi dari permasalahan yang sering kita dapati di komputer. Kita mampu merawat komputer dengan cara pemeriksaan fisik dan software.

silakan di simak.

Kerusakan Data Processing (Pengolahan Data) Komputer Lelet Loading dan Lambat
Kerusakan Data Storage (Penyimpanan Data) Terjadi Crash pada Komputer
Kerusakan Data Movement (Pemindahan Data) - Kerusakan pada File yang tersimpan
Kerusakan Control (Pengendalian) - Kerusakan salah satu fungsi Hadware


Cara Merawat PC Komupter dengan Software dan Hardware Komputer

Perawatan komputer secara terpola sangat penting dilakukan semoga kinerja komputer selalu maksimal, ada beberapa cara perawatan komputer yang baik dan tepat yang mungkin mampu anda terapkan

Cara Perawatan Software/ Perangkat Lunak Komputer

 Ada banyak sekali macam cara untuk merawat software komputer adalah antara lain

1. Pemeriksaan PC Menggunakan software/Perangkat Lunak

Anda disini memerlukan aplikasi pihak ke-3 ibarat Disk build clean up. Silakan kalian cari di meshing kemudian download, aplikasi complimentary ini sangat penting untuk memantau keadaan PC anda, banyak banget fungsi nya dan cara penggunaanya sangat mudah. anda mampu menmbersihkan history broswer. registery, bahkan mampu mengatur acara yang berjalan di komputer anda dari aplikasi CCleaner.

2. Pemeriksaan PC Menggunakan Anti Virus

Hal kedua yang tidak kalah penting nya adalah menggunakan Program anti Virus, sangat berguna untuk protec/menjaga keamanan file information anda ibarat saat anda berselancar berinternet ataupun sedang memindahkan information dari luar baik berupa download atau melalui flashdisk.

3. Pemeriksaan PC Menggunakan Deprag Disk

Fungsi defrag itu untuk menata dan mengurutkan file-file difficult disk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa semoga lebih ramping saat proses read/write pada komputer anda sehingga beban kerja komputer  lebih ringan. proses Defrag sangat penting selain mempercepat loading proses pembacaan information oleh komputer juga sebagai perawatan komponen Hard disk komputer kalian.

klik sajian Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter

4. Pemeriksaan PC Menghapus File Sampah
Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak eksklusif hilang dari harddisk lantaran akan ditampung terlebih dahulu di menjadi cache dan history dan itu akan menyita ruang harddisk yg mampu kalian dan itu mampu menjadikan pembacaan harddisk jadi lambat/lelet.

Buka My computer
Lalu pilih/Klik Local C
Pilih windows
Pilih two Folder Yaitu Temp dan Prefech
Hapus semua file yang ada di dalam two folder itu
Setelah itu kosongkan recycle bin kalian
Selesai > anda mampu merasakan perubahan pada komputer anda sesudah melakukan Tips ini.


Cara Perawatan Hardware/ Perangkat Keras Komputer

 Ada banyak sekali macam cara untuk merawat hardware komputer adalah antara lain

Perawatan Keyboard komputer

Keyboard merupakan komponen yang berfungsi mengatakan masukan berupa information alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat aksara A-Z, angka 0 sampai 9, dan perintah-perintah lainnya. Pemeriksaan Nuts atau Tombol keyboard yang mungkin rusak atau kotor oleh debu

Perawatan Mouse komputer

Mouse adalah penghubung  antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor. Dalam hal ini mengatur sensitifitas pergerakan mouse sangat dibutuhkan. Hal pertama jika komputer anda crash adalah fungsi kursor mouse terhenti atau istilahnya Eng. Perawatannya cukup hindarkan mouse anda dari cairan dan yang paling penting jangan biarkan mouse anda sampai terjatuh atau terbentur.

Perawatan Casing Komputer

Casing reckoner terkadang ada  nyetrum saat dipegang. Pasang kabel terra firma untuk mengantisipasi casing nyetrum lantaran ada arus listrik yang tersimpan belum lagi ini itu dll. Usahakan Listrik selalu stabil dan perangkat yang ada di dalam casing selalu bersih dari debu. Anda juga mampu merapihkan kabel kabel yang berantakan. disini tentang kelistrikan juga di perhatikan dimana Stabiliser pedoman listrik. akan cepat tertangkap lembap jika ada dilema pada komponen nya.

Perawatan CPU Komputer

Pemeriksaan komponen salah satu nya adalah CPU processor. Jika suhu processor terlalu panas maka mampu di ketahui bahwa kinerja komputer akan melambat, silakan di beri cairan pendingin pada lapisan atas dari processor.

Perawatan Fan Komputer

Fan atau Kipas sangat penting untuk menstabilkan suhu di dalam casing pc semoga perangkat. Caranya adalah :

Pertama-tama lepaskan kipas komputer anda dari heatsink
Setelah itu bersihkan abu yang melekat
Kumudian lepaskan stikel pada punggung kipas
Berikan pelumas dengan cara teteskan secukupnya sekitar 1-2 tetes, dan pastikan tidak ada yang menetes keluar
Gerakan kipas dengan tangan dengan tangan sampai terasa lancar
Pasang kembali kipas pada heatsink.

Perawatan Layar Monitor Komputer

Cara perawatannya adalah bersihkan layar monitor menggunakan cairan pembersih dan gunakan kain halus ibarat tissu untuk menyeka permukaan layar monitor komputer anda. Ingat, jangan menyemprotkan eksklusif ke layar LCD dan LED lantaran hanya mampu membuat layar monitor anda menjadi kekuningan.

Perawatan Motherboard Komputer

Anda mampu merawatnya dengan membesihkan seluruh kepingan motherboard dengan menggunakan kuas. Setelah itu sedotlah abu yang tersisa dengan menggunakan penyedot abu mini sampai benar-benar bersih. ini penting, cek batterai bios dan klo mampu abu debu nya d bersihkan semoga tidak numpuk kotor.

Itulah banyak sekali cara dan tips perawatan software dan hardware komputer yang baik dan benar. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Perawatan Komputer Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel