Apa Makna Pembukaan Uud 1945

Makna Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 – Kemerdekaan suatu negara merupakan sesuatu yang begitu berharga pada kehidupan. Kemerdekaan Republic of Indonesia diproklamasikan tidak hanya sekedar untuk merdeka, akan tetapi dalam sejarah kemerdekaan Republic of Indonesia diproklamasikan semoga menciptakan keadaan yang kemungkinan bagi bangsa Republic of Indonesia dalam mencapai cita – cita hidupnya berdasarkan prinsip – prinsip yang hidup di dalam kalbu tubuh ini.
Dari hal tersebut sudah jelas mampu kita ketahui, jikalau di dalam makna kemerdekaan Republic of Indonesia yang tertuang sebagai Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 kita akan mampu menemukan falsafah, pedoman, dasar – dasar kebangsaan dan kenegaraan, serta kepribadian bangsa Indonesia.

Dengan demikian seluruh arah dan tujuan, serta tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara harus merupakan turunan (derivasi) serta klasifikasi dari Pembukaan UUD  1945.

Makna Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945

Pembukaan Undang-Undang Dasar mengandung nilai – nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa – bangsa yang beradab disemua permukaan bumi. Ini jelas menawarkan jikalau eksistensi keberadaan pernyataan yang ada di Pembukaan Undang-Undang Dasar dasar memiliki sebuah peranan penting karena memiliki makna tersendiri yang sudah lama dicita-citakan oleh tokoh perumusan pancasila bangsa ini (Founding Fathers).

Mulai dari alinea 1-4 pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 seluruhnya bangkit terpisah karena makna yang terkandung dalam semua alinea tersebut sama – sama begitu penting.

Maka berdasarkan hal tersebut, penulis ingin sekali menjabarkan setiap makna yang terkandung pada alinea 1-4 di Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut :

1. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Pertama

Pada alinea pertama berbunyi, “Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh alasannya yakni yakni itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan”.

Hal ini memiliki makna yang berarti sebagai berikut ini :

-  keteguhan sebuah Bangsa Republic of Indonesia didalam membela kemerdekaan dengan melawan penjajah dalam segala bentuk yang ada.
- suatu pernyataan subjektif bangsa Republic of Indonesia semoga menentang serta manghapus penjajahan di atas dunia.       
- pernyataan objektif bangsa Republic of Indonesia jikalau penjajahan tidak sesuai atas perikemanusiaan serta perikeadilan.
- Pemerintah Republic of Indonesia mendukung kemerdekaan bagi setiap bangsa Republic of Indonesia untuk bangkit sendiri

2. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Kedua
Selanjutnya aline kedua berbunyi, “Dan pergerakan kemerdekaan Republic of Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa, mengantarkan seluruh rakyat Republic of Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur”.

Hal ini memiliki makna jikalau hal tersebut menandakan adanya sebuah penghargaan atas perjuangan bangsa Republic of Indonesia selama ini serta mampu mengakibatkan kesadaran. Jika keadaan kini tidak mampu dipisahkan dengan keadaan kemarin serta langkah sekarang, maka akan menentukan keadaan yang akan datang. Nilai – nilai yang tercermin pada kalimat di atas ialah suatu negara Republic of Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil serta makmur hal ini perlu diwujudkan secara nyata.

3. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Ketiga
Pada aline ketiga berbunyi, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Republic of Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya”.

Hal ini memiliki makna bahwa perjuangan meraih kemerdekaan ini bukan hanya semata menengaskan lagi apa yang menjadi motivasi riil dan materil bangsa Republic of Indonesia untuk menyatakan kemerdekaannya, tetapi juga menjadi keyakinan menjadi spritualnya, jikalau maksud serta tujuannya menyatakan kemerdekaannya atas berkah Allah Yang Maha Esa. Dengan demikian bangsa Republic of Indonesia mendambakan kehidupan yang berkesinambungan kehidupan materiil dan spritual, keseimbangan dunia dan akhirat.

4. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea Keempat

Aline keempat berbunyi, “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Republic of Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian infinit dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Republic of Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

Sebagai bentuk rumusan terpanjang serta terpadat pada alinea keempat ini, maka makna yang terkandung juga lumayan banyak, salah satunya ialah berikut :

Negara Republic of Indonesia memiliki fungsi sekalipun tujuan, ialah melindungi segenap bangsa Republic of Indonesia serta seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian infinit serta keadilan sosial;

Bagaimana kedudukan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut?

Kedudukannya ialah bukan satu – satunya sebuah hukum dasar, tetapi Undang-Undang Dasar NKRI 1945 yakni suatu hukum dasar yang menempati hukum dasar tertinggi, seluruh peraturan perundangan dibawah Undang-Undang Dasar NKRI 1945, dengan begitu dihentikan bertentangan terhadap Undang-Undang Dasar NKRI 1945

Ada berapa wangsit pokok yang terdapat pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945?
Ada four wangsit pokok, dimulai dari paragraf pertama dalam pembukaan hingga dengan terakhir atau keempat.

Apa saja wangsit pokok (pokok pikiran) yang terdapat pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut?
Pokok pikiran :

1. Tiap warga negara harus wajib mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan sendiri atau pribadi.

2. Kita harus menghormati hak setiap orang, hal ini karena setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan lainnya.

3. Republic of Indonesia merupakan negara demokrasi dimana berasaskan dari rakyat, oleh rakyat, serta untuk rakyat.

4. Kita harus takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Demikianlah pembahasan Apa Makna Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Apa Makna Pembukaan Uud 1945"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel