Pengertian Umum Diagram Dan Macam-Macam Diagram Beserta Contohnya


Secara umum Pengertian Diagram yaitu gambar atau grafik yang berisi keterangan dan menjelaskan sarana, prosedur, atau jadwal yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram juga bisa berarti citra (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk membuktikan atau menawarkan sesuatu.

Diagram yaitu suatu citra information yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis information dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Isi dari diagram biasanya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.

Adapun Jenis-Jenis Diagram sebagi berikut. terbagi atas beberapa jenis baik bentuk dan gambar yang berbeda :

Diagram Garis

Diagram garis merupakan diagram yang penyajian datanya menggunakan garis. Baik itu garis lurus, kurva ataupun garis putus-putus. Diagram ini biasanya digunakan untuk menyajikan information statistik yang diperoleh melalui pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Dalam pengaplikasiannya biasanya menggunakan sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X digunakan menawarkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y digunakan untuk menawarkan hasil nilai-nilai pengamatan pada suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan hasil pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya tiap kolom dari dua titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis lurus sehingga terciptalah diagram garis atau disebut juga dengan grafik garis.


Diagram Lingkaran

Diagram bulat merupaka sebuah diagram yang penyajian datanya menggunakan bulat sebagai gambarnya. Biasanya information yang disajikan dalam diagram lingkarang berupa persen data. Dalam pembuatan diagram lingkaran, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu memilih besaran presentase tiap objek terhadap keseluruhan information dan besarnya sudut sentra sektor lingkaran.


Diagram Kotak Garis

Diagram kotak garis merupakan sebuah diagram yang datanya disajikan menggunakan persegi panjang disertai garis. Data statistik yang digunakan dalam menggambarkan diagran kotak garis berupa Statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari information paling kecil dan information paling besar (ekstrim), Q1, Q2, dan Q3.

Diagram Batang


Diagram batang merupakan sebuah diagram yang menggunakan persegi panjang sebagai alat untuk menyajikan datanya. Umumnya diagram ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai dari suatu objek penelitian dalam jangka waktu tertentu. Diagram ini menyajikan aneka macam macam keterangan secara tegak ataupun mendatar dan sama lebar dengan batang-batang yang terpisah.

Penyajian dalam bentuk gambar grafik atau diagram bisa lebih menjelaskan lagi kasus secara visual. Diagram batang (histogram) yaitu citra mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas dinyatakan dalam skala horizontal (datar) dan frekuensinya dalam skala vertical (tegak); atau sebaliknya. Data yang variabelnya berbentuk kategori atau atribut sangat sempurna disajikan dengan diagram batang. Jika diagram dibentuk tegak, maka sumbu datar digunakan untuk menyatakan atribut. Kuantum atau nilai information digambar pada sumbu tegak.

histogram yaitu representasi grafis dari distribusi information numerik. Ini yaitu asumsi distribusi probabilitas dari variabel kontinu (variabel kuantitatif) dan pertama kali diperkenalkan oleh Karl Pearson. Untuk membangun histogram, langkah pertama yaitu untuk "bin" rentang nilai-yaitu, membagi seluruh rentang nilai menjadi serangkaian interval-dan kemudian menghitung berapa nilai jatuh ke dalam setiap interval. Sampah biasanya ditetapkan sebagai berturut-turut, interval non-tumpang tindih variabel. Sampah (interval) harus berdekatan, dan ukuran biasanya sama.


Jika sampah yaitu ukuran yang sama, persegi panjang yang didirikan di atas bin dengan tinggi sebanding dengan frekuensi, jumlah kasus di setiap bin. Secara umum, bagaimanapun, sampah tidak perlu lebar sama; dalam kasus itu, persegi panjang didirikan mempunyai wilayah sebanding dengan frekuensi kasus di tempat sampah [3] Sumbu vertikal tidak frekuensi tetapi kepadatan: jumlah kasus per unit of measurement dari variabel pada sumbu horisontal. Histogram juga bisa dinormalisasi menampilkan frekuensi relatif. Ini kemudian menawarkan proporsi kasus yang jatuh ke dalam masing-masing beberapa kategori, dengan jumlah dari ketinggian menyamai 1. Contoh lebar bin variabel ditampilkan pada information Biro Sensus bawah.


Histogram menawarkan rasa bernafsu dari kepadatan distribusi yang mendasari data, dan sering untuk estimasi kepadatan: memperkirakan fungsi kepadatan probabilitas dari variabel yang mendasarinya. Luas full dari histogram digunakan untuk kerapatan probabilitas selalu dinormalisasi ke 1. Jika panjang interval pada sumbu x semua 1, maka histogram identik dengan plot frekuensi relatif.

Sebuah histogram bisa dianggap sebagai estimasi kepadatan center sederhana, yang menggunakan center untuk kelancaran frekuensi atas sampah. Ini menghasilkan fungsi kepadatan probabilitas halus, yang pada umumnya lebih akurat mencerminkan distribusi variabel yang mendasarinya. Estimasi kepadatan bisa diplot sebagai alternatif untuk histogram, dan biasanya digambarkan sebagai kurva daripada satu fix kotak.

Alternatif lain yaitu rata-rata bergeser histogram, yang cepat untuk menghitung dan menawarkan asumsi kurva mulus kepadatan tanpa menggunakan kernel.
stogram yaitu salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas.

Histogram sering resah dengan grafik bar. Sebuah histogram digunakan untuk information kontinu, di mana sampah mewakili rentang data, dan bidang persegi panjang yang bermakna, sementara grafik kafe yaitu plot variabel kategori dan diskontinuitas harus ditunjukkan dengan mempunyai kesenjangan antara persegi panjang, dari mana hanya panjang bermakna. Seringkali hal ini diabaikan, yang bisa menjadikan kafe nautical chart yang resah untuk histogram.

Fungsi Diagram yaitu untuk mempermudah dalam memperinci information yang berisi angka. Diagram biasa digunakan dalam meringkas dan memperpendek informasi dalam setiap presentasi information atau hal lainnya.

Demikian artikel sederhana mengenai Pengertian diagram secara umum dan Macam-Macam Diagram beserta Contohnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Umum Diagram Dan Macam-Macam Diagram Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel