Tanya Jawab Lengkap Tanggapan Seputar Duduk Kasus Dapodik Onine 2020

Dapodik paud atau aplikasi paud dikmas ialah aplikasi yang pemerintah gunakan untuk melakukan penjaringan information pokok penidikan usia dini. Aplikasi dapodik tahun 2020 pun telah diperbaharui sehingga cara download dan login dapodik akan lebih mudah. Pasti kalian ingin tau bukan, tanya jawab lengkap akhir seputar dapodik online 2020? Untuk itu, simak ulasan berikut ini

 Pertanyaan Terkait Dapodik 2020 Beserta Solusinya

Banyak pertanyaan seputar occupation mengenai DAPODIK online ini, maka dari itu kami merangkum semua pertanyaan beserta jawabannya sebagai berikut

1. Validasi Lokal Berwarna Merah denganKketerangan Invalid?


Apa pengaruhnya jikalau dikala Validasi muncul warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Pieces sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya mampu dilakukan jikalau semua information sudah significant, dan tidak ada lagi information yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda alerted pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.


2. Validasi Lokal Berwarna Kuning dengan Keterangan Advised?


Validasi dengan warna kuning berarti advised, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan information semua meaning dan mampu dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya


3. Bagaimana dengan Peserta Didik yang Tidak Punya KK ?

Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka masih berstatus advised.


4. Apakah Wajib Mengisi KK


Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi information isian penerima didik dengan selengkap-lengkapnya


5. Apa yang Dimaksud dengan Kelulusan Bersama Siswa Tingkat Akhir, 6, 9, 12 dan 13?

Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan condition lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pieces pendataan


6. Jika Ada Siswa Tidak Lulus Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan ?

lapor ke overseer dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut.


7. Cara Menambah/menarik Siswa Baru ke Dalam Aplikasi Dapodik?

dengan menggunakan spider web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Pieces dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.


8. Bagaimana Jika ada Kesalahan?

Kesalahan yang dimaksud mampu berupa Isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK. Solusinya ialah hubungi overseer dapodik di dinas pendidikan setempat, information yang terkunci hanya mampu diperbaiki oleh director dinas pendidikan


9. Kenapa Data No KIP, KPS, dll Tidak Muncul Lagi di Tabel Peserta Didik,?

Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan penerima didik


10. Jika ada Data Nomor yang Baru, Apa yang Harus Dilakukan di Application Dapodik ?

Buka tabel kesejahteraan penerima didik, kemudian inputkan nomor kartu di tabel tersebut.


11. Apa yang Dimaksud dengan Data Periodik, Lalu Bagaimana Cara Mengisinya?

  • Data periodik ialah information yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, information semester kemudian akan tersimpang sebagai histori dan information semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi. 
  • Cara mengisi mampu dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada effort bill of fare lanjutkan information periodik PD atau PTK, information yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.


12. Jika Ada Siswa Mutasi dari Sekolah Lain Apa yang Harus di Lakukan?

  • Bisa menggunakan fitur mutasi on the spider web (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.
  • Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jikalau sudah melakukan mutasi on the spider web (tarik PD on the web).

13. Bagaimana Cara Mengajukan NUPTK Melalui Dapodik?

  • Lakukan pengisian dapodik secara benar.
  • Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum memiliki NUPTK), dan yang akan memvalidasi ialah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan ace di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.

14. Apa yang Harus Dilakukan Jika Saat Registrasi Muncul Keterangan "Kode Registrasi Tidak Ditemukan"?

  1. Cek pada coordinator prefill yang ada di C:/prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada envelope tersebut atau belum. 
  2. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pada penggalan unduhan Download Data Prefill. 
  3. Kemudian masukkan arahan registrasi.
  4. Setelah itu klik unduh di tabrakan pena sini. Langkah selanjutnya simpan di envelope C:/prefill_dapodik.

15. Apa yang Harus Dilakukan Jika Saat Registrasi Muncul Keterangan "Beberapa Data Tidak Masuk''

Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.

16. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Sekolah di Aplikasi Tidak Sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota penggalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta proteksi mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


17. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Kabupaten/kota di Aplikasi Tidak Sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota penggalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta proteksi mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


18. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Kecamatan di Aplikasi Tidak Sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota penggalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta proteksi mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


19. Apa yang Harus dilakukan Jika di Beranda Terdapat Keterangan "Kepsek Belum Dipilih"?

Silahkan buka Aplikasi Dapodik, kemudian pada tab PTK pilih nama Kepseknya, kemudian klik tombol ubah. Lihat pada penggalan rincian information PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah kemudian masukkan information kepseknya. Setelah semua information in conclusion diinput, kemudian klik simpan.


20. Bagaimana Jika Setelah Dipindahkan ke Tabel Utama, Data PTK/Peserta Didik Hilang?

Bila setelah menambahkan information PTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil information dari server supaya SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik mampu tampil di tabel utama.

klik Action Menu kemudian pilih PTK "belum penugasan", atau tampilkan information penerima didik belum pendaftaran dan lakukan create dengan menekan tombol ctrl+f5,


21. Apa Solusinya Jika Terjadi Kesalahan Input Nama, Tanggal Lahir, dan NISN Peserta Didik?

Bisa diedit atau diperbaiki melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Setelah melakukan modify data, silakan sinkronisasi supaya perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).


22. Bagaimana Jika Sekolah Kami Ingin Melakukan Merger dengan Sekolah Lain?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat dengan menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, atau mampu melalui electronic mail resmi yang tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK dan information pendukung yang dibutuhkan serta daftar information yang akan digabungkan.


23. Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Data yang Hilang?

Data mampu diambil kembali apabila sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data mampu diambil dengan melakukan attain prefill yang mampu dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di make, silakan acquaint aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan username dan mystery state yang sama.

Bapak ibu caput dapodik, ini artikel yang saya rangkum dari aneka macam sumber terkait permasalahan seputar dapodik Versi 2020 dalam bentuk tanya jawab sebagai berikut


(1) Tanya : Database masih terdeteksi versi lama 2.98d

Jawab : Clear store/hapus histori kegiatan kemudian reload


(2) Tanya : Siswa tidak lulus, Siswa DO masuk kembali, Bagaimana caranya ?

Jawab : Lapor ke dinas kabkota utk membatalkan siswa kluar nya di aplikasi manajemen dinas kemudian Skolah coordinate. Maka siswa tsb mncul di application dapodik skolahnya lg. Masukkan kembali ke rombel yg sesuai. Jgn lupa sesuaikan juga dg pendaftaran penerima didiknya.


(3) Tanya : Kenapa tmt kgb/pangkat dan golongan di nyatakan invalid padahal isiannya sesuai 2019-04-01

Jawab : Hapus baris tmt tsb kemudian inputkan lagi dg isi yg sama. kmudian synchronize


(4) Tanya : kenapa dikala instalasi terjadi eror dgn notif "VCRUNTIME140.dll non found"

Jawab : ada komponen windows yg kurang. Unduh komponen tsb di [https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145&fbclid=IwAR0F2Dr9EvEH2lM1_TrfcTs7UmcUfbSIllbzaxXNl-LI39LRdABAaWa87UM](https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145&fbclid=IwAR0F2Dr9EvEH2lM1_TrfcTs7UmcUfbSIllbzaxXNl-LI39LRdABAaWa87UM) kemudian inatall kembali application dapodik nya.


(5) Tanya : dikala instalasi terjadi eror dgn Notif THE APLICATION WAS UNABLE TO START CORRECTLY (0xc000007B) ?

Jawab : ini disebabkan karena ada palikasi lain yg sudah terpasang di komputer menggunakan port yg samaa dg dapodik. Cek lg dan uninstall aplikasi tsb yg bentrok dg port milik application dapodik


(6) Tanya : kenapa di tabel kesejahteraan penerima didik tidak ada pilihan kartu indonesia cerdik ?

Jawab : klik dl tombol penerima kip. Maka pilihan KIP di tabel kesejahteraan pd akan muncul


(7) Tanya : in conclusion instalasi malah jumlah Gtk dan tendik 0, tdak ada smua, bgaimana solusinya?

Jawab : klik tombol salin penugasan di tabel ptk.

Maka information ptk tahun sblm na akan muncul smua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dg tombol salin pMaka pilihan KIP di tabel kesejahteraan pd akan muncul


(7) Tanya : in conclusion instalasi malah jumlah Gtk dan tendik 0, tdak ada smua, bgaimana solusinya?

Jawab : klik tombol salin penugasan di tabel ptk. Maka information ptk tahun sblm na akan muncul smua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dg tombol salin penugasan tsb memudahkan sekolah utk mengassign penugasan msg2 ptk nya di tahun pedoman baru


(8) Tanya : kenapa di bill of fare validasi information ruang ini tampil, sementara di bill of fare sapras information ruang ini tdak tampil?

Jawab : sekolah ini pernah memilih. Apabila laman di spider web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id mengalami kendala tidak menampilkan warta terbaru di kegiatan PC And silakan revive dengan menekan tombol CTRL dan F5 bersamaan.


Kode Regrestasi


Kode pendaftaran bersifat unik dan tidak memiliki kesamaan antara sekolah satu dengan lainnya. Kesalahan dalam penginputan arahan pendaftaran mampu mengakibatkan gagal jalan masuk aplikasi dapodik. Pastikan semua sekolah memiliki arahan pendaftaran aplikasi dapodik


Peringatan! Jangan pernah mereset arahan pendaftaran milik sekolah apabila tidak ada seruan dari direktur sekolah karena akan mengakibatkan direktur sekolah tidak mampu melakukan sinkronisasi.


Gagal Registrasi dan Generate Prefill 

Penyebab: Username dan surreptitious telephone commutation tidak sesuai


Kode pendaftaran salah ketik

Solusi: Administrator sekolah memastikan kesesuaian information username dan surreptitious telephone commutation kepada kkdatadik di dinas pendidikan.


Administrator kkdatadik melakukan reset surreptitious telephone commutation jikalau diperlukan.

Pada kasus tertentu kadang terjadi karena information penambahan atau perbaikan pengguna belum masuk di server utama sehinga dinilai tidak sesuai, silakan ditunggu 1x24 jam setelah melakukan poin di atas.


Registrasi Berhasil namun tidak mampu login

Penyebab: Terdapat akun direktur lebih dari 1 dengan electronic mail yang sama

Solusi: Administrator kkdatadik memastikan bahwa akun direktur sekolah yang aktif hanya 1 , kemudian akun yang lainnya harap dinonaktifkan


Registrasi Berhasil login hanya muncul GTK Penyebab:

Akun direktur sama persis dengan akun GTK (username dan surreptitious key)


Solusi: Administrator kkdatadik mereset username dan surreptitious telephone commutation akun administrator, pastikan berbeda dengan akun GTK


Tidak mampu login penerima didik

Penyebab: Akun login penerima didik tidak berfungsi

Solusi Akses bill of fare Pengaturan ⇛ manajemen pengguna ⇛ masukan kodereg ⇛ pilih bill of fare Buatkan login untuk PD

Username menggunakan NISN dan Password menggunkan tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)


PTK Hilang

Penyebab: Salah pilih sekolah non-induk dikala merger PTK di vervalptk, sehingga information PTK dinonaktifkan

Solusi: Kirim electronic mail ke tim helpdesk dapodik di info.dikdasmen@kemdikbud.go.id dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id


Information PTK tidak ditemukan dikala TARIK PTK

Penyebab: Terlalu banyak parameter pencarian yang diinputkan atau Customized arrangement kunci salah dikala pencarian

Solusi: Cukup isi salah satu parameter cari misal nama saja atau nuptk saja


Tidak mampu konfirmasi TARIK PTK

Penyebab: Gagal force information ke server utama (break)


Solusi: Telah dibuatkan devices untuk membantu konfirmasi Tarik PTK di jalan masuk manajemen kkdatadik dinas pendidikan


Salah Input NUPTK (Terkunci)

Penyebab: Salah input dikala pertama kali tambah information GTK

Solusi: Lakukan sinkronisasi, jikalau terdapat perbedaan antara arsip NUPTK dan inputan di Dapodik maka dalam bill of fare validasi pusat akan terbaca condition invalid. Sehingga kuncian information NUPTK dibukakan. Lakukan alter information NUPTK di aplikasi dapodik


Administrator Sekolah melakukan verifikasi melalui VervalPTK dengan mengajukan perubahan information.

Administrator kkdatadik mengapprove permohonan perubahan information yang diajukan pihak sekolah. Apabila masih belum terproses perubahannya silakan hubungi tim helpdesk dapodikdasmen


Status BOS bermetamorfosis tidak

Penyebab: Belum mengisi information periodik sekolah

Solusi: Administrator sekolah mengisi information periodik sekolah di information Rincian Sekolah. Pastikan pilih "Ya" pada condition mendapat BOS.


Terkadang permasalahan mungkin saja berbeda disetiap tempat. Tapi setiap ada occupation pasti ada jalan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Lengkap Tanggapan Seputar Duduk Kasus Dapodik Onine 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel