5 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Manusia

 Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) yakni tanaman semak suku malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di kawasan tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida sanggup berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) dari yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah jambu atau merah tua. Tanaman ini menghasilkan bunga secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak, namun bunga hanya bertahan selama satu atau dua hari.

Taksonomi Kembang Sepatu :


Kerajaan         : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo              : Malvales
Famili : Malvaceae
Genus : Hibiscus
Spesies           : H. rosa-sinensis


Manfaat Bunga dan Daun Kembang Sepatu :

1. Perawatan Rambut

Kembang sepatu kerap digunakan oleh nenek moyang kita sebagai herbal untuk perawatan rambut, hal ini dikarenakan daun bunga kembang sepatu mengandung gel-gel (busa) yang memiliki fungsi hampir sama dengan shampo. Untuk penggunannya cukup praktis yaitu, ambil 10-15 lembar daun kembang sepatu, lalu remas-remas hingga keluar lendirnya. Oleskan pada rambut mirip menggunakan gel. Lakukan secara rutin maka Anda akan menerima rambut yang hitam alami. Cara tersebut juga efektif untuk menghilangkan uban.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan minyak yang terdapat dalam bunga sepatu sanggup membantu Anda membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus. Selain itu, cuilan bunganya juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga sanggup membantu mengatasi abses dan mencegah penuaan dini. Caranya, ambil kelopak bunga sepatu lalu remas-remas dan gosokkan di sekitar wajah dan leher secara lembut, tunggu hingga minyak meresap kedalam kulit. Jika suda jawaban lalu bilas dengan air. 

3. Mengobati Batuk dan Sariawan

Selain sanggup digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, tanaman kembang sepatu ini juga sanggup dimanfaatkan untuk mengobati batuk dan sariawan. Ambil daun kembang sepatu secukupnya, cuci bersih lalu rebus dalam air mendidih selama fifteen menit. Saring airnya lalu diminum.

4. Melancarkan Haid

Menurut beberapa sumber bunga kembang sepatu sanggup dimanfaatkan untuk memperlancar haid. Adapun caranya, haluskan iii kuntum bunga sepatu, masukan ke dalam i gelas air matang dan beri sedikit cuka beras. Minum sebanyak iii kali sehari hingga haidh menjadi lancar.

5. Sebagai Teh Kaya antioksidan

Di cuilan kelopak bunga sepatu terdapat antioksidan berpengaruh yang sanggup mengeluarkan racun dari tubuh serta menangkal radikal bebas. Hal ini sanggup dilihat dari warna bunga itu sendiri, Warna merah mendandakan terdapat senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Untuk menerima khasiat tersebut, Anda sanggup membuat teh dari kelopak bunga sepatu yang sudah dikeringkan. (baca jugaPengertian Antioksidan).

Hati-hati dalam mencoba tips-tips diatas, alasannya yakni ini belum dibuktikan secara ilmiah. Jadi sanggup dilakukan penelitian untuk mencari tahu apakah bunga kembang sepatu benar-benar sanggup dimanfaatkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Sumber :

Azri Kusuma Dewi,dkk. PENGARUH RADIASI GAMMA TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI PERTUMBUHAN STEK TANAMAN KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis).
https://cheatgamesnew.blogspot.com/search?q=pengertian-antioksidan-lengkap
https://cheatgamesnew.blogspot.com/search?q=pengertian-antioksidan-lengkap




Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel