Pengertian Nugget (Artikel Lengkap)

Menurut Tati (1998) nugget yaitu daging yang dicincang, lalu diberi bumbu-bumbu (bawang putih, garam, bumbu penyedap, dan merica), dicetak dalam suatu wadah dan dikukus. Selanjutnya, adonan didinginkan dan dipotong-potong atau dicetak dalam bentuk yang lebih kecil, lalu dicelupkan dalam putih telur dan digulingkan ke dalam tepung panir sebelum digoreng. Nugget memiliki rasa yang lebih gurih daripada daging utuh. Sedangkan  Menurut Tanoto (1994), nugget yaitu suatu bentuk produk daging giling yang dibumbui, lalu diselimuti oleh perekat tepung (batter), pelumuran tepung roti (breading), dan digoreng setengah matang lalu dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan. 

Nugget termasuk ke dalam salah satu bentuk produk masakan beku siap saji, suatu produk yang telahmengalami pemanasan sampai setengah matang lalu dibekukan.Produkbeku siap saji ini memerlukan waktu pemanasan lastly yang cukup singkatuntuk siap disajikan alasannya yaitu produk tinggal dipanaskan sampai matang.Pembuatan nugget mencakup lima tahap, yaitu penggilingan yang disertai oleh pencampuran bumbu, es, materi tambahan, pencetakan, pelapisan perekat tepung dan pelumuran tepung roti, penggorengan awal (pre-frying) dan pembekuan (Aswar, 1995).

Tanoto (1994) menyatakan bahwa penggilingan daging sebaiknyadiusahakan pada suhu di bawah 15oC, yaitu dengan menambahkan es padasaat penggilingan daging. Pada dikala digiling sebaiknya dicampur dengangaram untuk mengekstrak aktomiosin sehingga akan terbentuk produk denganstabilitas emulsi yang baik. Air yang ditambahkan kedalam adonan nuggetpada waktu penggilingan daging yaitu dalam bentuk pecahan es. Penambahan air ini bertujuan untuk melarutkan garam danmendistribusikannya secara merata ke seluruh serpihan massa daging.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Nugget (Artikel Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel