Keuntungan Dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia Efek Bagi Negara


Membahas mengenai pengaruh/dampak laba letak geografis dan kekurangan letak geografis Indonesia, Letak Geografis ialah letak suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis Republic of Indonesia memperlihatkan banyak dampak yang berakibat bagi negara Indonesia. Dampak letak geografis ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi Republic of Indonesia antara lain sebagai berikut.

Secara geologis, Republic of Indonesia bisa dikategorikan sebagai sebuah Negara yang teretak diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Indonesia, secara geologis terletak diantara tiga lempengan bumi, ialah lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan juga lempeng Australia.Selain itu dari segi peairan, Republic of Indonesia terletak diantara dua buah dangkalan, ialah dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Yang dimaksud dengan dangkalan ialah sebuah wilayah bahari yang dangkal, yang mana menghubungkan wilayah diantara dua daratan besar.

Dangkalan sunda berada pada wilayah barat Indonesia, yang meliputi pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan juga Bali. Sedangkan dangkalan sahul merupakan dangkalan yang berada pada sisi timur Indonesia, yang berafiliasi eksklusif dengan daratan benua Australia. Selain itu, menurut letak geologisnya, Republic of Indonesia juga merupakan Negara yang dilewati oleh dua buah pegunungan terbesar di dunia, ialah Pegunungan Mediterania dan juga Pegunungan Sirkum Pasifik.

Berikut ialah klarifikasi mengenai manfaat letak geologis Republic of Indonesia :

Dataran tinggi dan pegunungan. Manfaat dari letak geologis Republic of Indonesia yang pertama ialah banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan di wilayah Indonesia. Ya, lokasi geologis Republic of Indonesia yang berada di antara dua rangkaian pegunungna terbesar di dunia ini, ialah pegunungan Mediterania dan juga pegunungan Sirkum Pasifik, menciptakan Republic of Indonesia memilki berbagai wilayah pegunungan dan juga dataran tinggi. Hal ini juga besar lengan berkuasa kepada letak geografis dari Republic of Indonesia itu sendiri.


Banyaknya pegunungan dan juga dataran tinggi menjadikan banyak lokasi dan juga wilayah di Republic of Indonesia yang mempunyai pembagian demam warta cuaca dan juga suhu udara yang cenderung sejuk, meskipun berada pada iklim tropis, dan merupakan salah satu lokasi ekowisata dan juga pariwisata yang menjanjikan, terutama bagi turis yang bahagia akan pemandangan dan juga wisata outdoor.
Tanah yang subur tanggapan banyaknya gunung berapi.


Efek berikutnya dari lokasi geologis Republic of Indonesia ialah gunung berapi. Ya, meskipun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan insiden alam, namun demikian ternyata gunung berapi bisa membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di sekitar gunung berapi tersebut merupakan salah satu jenis tanah dengan unsur hara yang tinggi, alias tanah yang sangat subur.


Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kebanyakan budaya masyarakat Republic of Indonesia yang masih mengandalkan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, kesuburan tanah juga tentu saja sangat membantu meningkatkan pergerakan roda ekonomi nasional, maupun internasional, karena banyak hasil pertanian yang diekspor maupun dimanfaatkan sebagai materi konsumsi di dalam negeri. (baca : cara menyuburkan tanah tandus dan kering)

Keanekaragaman tumbuhan dan juga fauna. Kedua lempeng yang mengapit Republic of Indonesia ini juga memilki manfaat bagi kehidupan tumbuhan dan juga faunanya. Lempeng Eurasia, merupakan lempeng yang berada pada pecahan barat Indonesia, yang merupakan lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini menciptakan lokasi dan wilayah Republic of Indonesia yang berada pada lempeng Eurasia memilki kesamaan dengan wilayah Asia dalam hal tumbuhan dan juga Faunanya. Sebaliknya, pecahan timur Republic of Indonesia mempunyai kesamaan tumbuhan dan juga animate beingness seakan-akan pada benua Australia, karena berada pada lempeng Australia.


Sedangkan pada wilayah Republic of Indonesia pecahan tengah, mempunyai beberapa binatang endemic, alias khas yang tidak ada pada wilayah Asia maupun Australia. Dengan banyaknya tumbuhan dan animate beingness ini, tentu saja Republic of Indonesia diuntungkan oleh letak geologisnya, yang memilki bermacam-macam tumbuhan dan animate beingness yang dilindungi yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain di dunia.

Keberagaman hasil sumber daya mineral. Tidak hanya tumbuhan dan juga fauna, kondisi dan juga letak geologis dari Republic of Indonesia itu sendiri juga sangat bermanfaat bagi para penambang dan juga pelaku manufacture mineral. Bagaimana tidak, kondisi lempeng dan juga geologis Republic of Indonesia sangat mendukung banyaknya sumber daya mineral seakan-akan batu-batuan, dan juga jenis jenis sumber daya alam seakan-akan minyak dan juga gas bumi.


Dengan demikian, Republic of Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.

Keanekaragaman bahari yang melimpah. Selain flora, animate beingness dan juga keberagaman sumber daya alam, Republic of Indonesia pun junga dilengkapi dengan sumberdaya bahari yang sangat melimpah. Hal ini juga dipengauhi oleh lokasi geologis Republic of Indonesia yang mana lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, dan memiliiki banyak keanekaragaman laut, mulai dari hasil dan sumberdaya laut, seakan-akan ikan dan makanan laut, sampai wisata di bawah laut, seakan-akan diving dan juga snorkeling.

Letak geologis dari sebuah lokasi tentu saja akan memperlihatkan laba dan juga manfaat tersendiri bagi lokasi tersebut. Lokasi geologis lebih menghipnotis sumber daya yang bisa dihasilkan oleh sebuah lokasi, terutama sumber daya alam dan juga sumber daya mineralnya.
Keuntungan dan Kerugian Letak Geografis Republic of Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa, letak geografis Republic of Indonesia diapit dari dua benua dan dua samudra yakni benua asia dan benua australia, samudra hindia dan samudra pasifik. Letak geografis Republic of Indonesia banyak pendapat yang memperlihatkan letak geografis Republic of Indonesia mempunyai laba dan kerugian antara lain sebagai berikut..

Keuntungan Letak Geografis Republic of Indonesia

Keuntungan Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya

Memiliki keanekaragaman budaya baik dengan budaya lokal dan budaya absurd
Dapat dengan simpel berbagi budaya Republic of Indonesia
Pakaian indonesia semakin modern
Adanya akulturasi budaya lokal dan budaya absurd

Keuntungan Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Ekonomi

Sebagai jalur perdagangan Internasional
Penambah devisa negara
Sebagai destinasi pariwisata utama
Perkembangan pariwisata yang pesat
Sebagai sentra perekonomian diantara dua benua dan dua samudra


Keuntungan Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Komunikasi

Dituntut untuk bisa berbahasa Inggris karena merupakan jalur Internasional
Indonesia bisa menguasai bahasa absurd secara tidak eksklusif
Kaya akan bermacam-macam bahasa


Keuntungan Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Transportasi

Percepatan infrastruktur pada daerah-daerah
Peningkatan kemudahan angkutan massal
Peningkatan bandara yang bertaraf Internasional
Peningkatan transportasi bahari yang secara maksimal
Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata (bus pariwisata)
Kerugian Letak Geografis Indonesia


Kerugian Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya
Banyak budaya yang masuk menciptakan budaya lokal bisa terpinggirkan
Banyaknyak perilaku-perilak yang tidak sesuai dengan budpekerti istiadat Republic of Indonesia atau norma-norma Republic of Indonesia karena mengikuti dari negara luar
Banyaknya sikap dari turis absurd yang membawa efek jelek bagi bangsa Republic of Indonesia
Lahan subur dengan meningkatnya kejahatan Internasional karena Republic of Indonesia merupakan jalur perdagangan Internasional dan jalur penghubung dua benua dan dua samudra. Kejahatan internasional berupa narkotika, obat-obatan terlarang dan teroris.

Kerugian Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Ekonomi

Persaingan global
Eksplorasi besar-besaran
Adanya pasar gelap (pasar ilegal)


Kerugian Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Transportasi

Semakin padatnya kemudian lintas karena jumlah imigran
Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri
Tersingkirnya alat transportasi tradisional

Kerugian Letak Geografis Republic of Indonesia dalam Bidang Komunikasi

Sulitnya Menggunakan bahasa Asing
Menguasai bahasa Asing bisa menjadikan budaya lokal tersingkir atau tidak lagi menjadi prioritas


Demikianlah artikel singkat ihwal Keuntungan dan Kekurangan Letak Geografis Negara Indonesia. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia Efek Bagi Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel